♥ Kantung Ajaibku ♥
Selasa, Agustus 28, 2007 @ 10:18 PM

NYASAR

Nggak dipungkiri lagi kalau gue dan Keong (baca: Yongki) begitu dekat. Secara kami adalah sepupu plus memiliki sifat ‘abnormal’ yang sama. Keong itu orangnya panikan. Pas banget sama gue yang orangnya selalu nyante-nyante kayak di pantai. Keong dan gue memang seumuran, bahkan sekarang kami sama-sama ada di semester 4. Tentunya kesamaan pola pikir dan kesukaan pun hampir sama.

Gue sering banget hang out bareng-bareng sama dia. Tak terkecuali pas hari itu. Ceritanya waktu itu gue diajak Keong nganterin Ayu pulang. Karena Keong menderita rabun senja makanya harus ada orang yang ngedampingin dia waktu nyetir secara itu pas sore hari (Ini beneran, gue nggak bercanda).

Akhirnya dengan pakaian compang-camping (soalnya waktu itu gue baru bangun tidur dan nggak sempat cuci muka dulu) gue ikut aja sama dia.

Gue nggak tau kenapa ya?! Kalau gue pergi sama Keong naik Jose Armando (panggilan buat mobilnya Keong), selalu aja gue sakit perut. Mules-mules dan ujungnya pasti pengen kentut. Tapi itu bukan gue aja loooh. Secara Mas Dani kapan dulu juga pernah mengalami gejala seperti itu waktu kami keluar malem-malem pas ada ulang tahun Surabaya.

Kalau gue bilang ke Keong kebelet kentut, pasti gue langsung dijitak dan dia cepet-cepet ngubah mode sirkulasi udara dalam mobil.

“Dasar s**** lecek!!!” begitu katanya.

Gue yang dikatain cuma senyum-senyum nggak jelas gitu. Ayu yang duduk di belakang cuma ketawa-ketawa.
Begitu Ayu dipulangin sampai rumah dengan selamat, gue dan Keong pun meluncur dari…. Sebentar-sebentar, rumah Ayu tuh daerah mana ya? Gue lupa. Biasalah pikun tingkat tinggi. Gue tanyain sebentar ke Keong ya…

“Eh, robot gundam! Ayu tuh rumahnya mana???” teriak gue pada Keong yang lagi maenan CS di belakang.

“PANDUGO!!!!” teriak Keong lebih kenceng dari gue.

Oh iya, rumahnya di Pandugo. Mohon maklum soalnya gue dan Keong kalau manggil nama itu seenak jidat. Kayak tadi, gue manggil dia robot gundam. Ntar laen kali dia manggil gue Lupita atau yang lebih parah gue pernah dipanggil Chiripa. Soalnya menurut dia muka gue mirip sama Chiripa. Padahal Chiripa kan anjingnya Dulce Maria. Emang sekali-kali perlu dicemplungin ke comberan tu anak.

Begitu keluar dari gerbang perumahannya si Ayu, gue pun bertanya pada Keong yang tengah serius fokus pandangan ke depan.

“Keong, kalau belok kiri tuh jalan ke mana?” tanya gue.

Keong menjawab sekenanya, “Jalan ke UPN.”

“Lewat sana yuk,” ajak gue.

“Jalannya sempit, gue juga nggak apal. Jangan aneh-aneh deh. Pulang lewat jalan biasa aja,” begitu katanya.

Gue langsung cemberut! Gue udah mikir pasti Keong nggak mau ambil resiko lewat jalan yang dia nggak apal. Apalagi dia kan penakut.

“Cemen loe!” kata gue.

“Heh! Lupita! Loe jangan aneh-aneh kenapa sih. Tissue-nya mana?” dia meminta tissue ke gue.

Gue melempar satu box tissue ke pangkuannya, “Ambil aja sendiri. Buat apa punya tangan kalau nggak di pake!” gue ketus.

“Jambret!!!” umpat Keong sambil mencubit lengan gue.

“Sakit goblooooooook!!!” gue memukul kepalanya pakai botol aqua.

“Aduh!!” dia mengusap kepalanya.

Keong pun emosi, “Kenapa sih loe?!” tanyanya marah.

Gue menatapnya, “Gue pengen lewat jalan itu.”

“Tapi gue nggak apal. Gimana kalau nyasar?” dia mencoba berargumen.

“Alaaaaaah, gitu aja nyasar. Penakut banget sih loe! Nggak balakan deh. Secara jalan raya itu biasanya lurus-lurus aja. Pasti kan ada penunjuk jalannya. Ayuk ta, Mas Yongki. Lewat jalan itu. Plis…plis…plis….” Gue memohon.

Keong diem lama, kayaknya mikir-mikir, “Ntar malem beliin gue nasi goreng jawa,” katanya kemudian.

Gue langsung sumringah, “Iya-iya. Gue beliin dah. Iiiiih, Mas Yongki cakep deeeeeh.”

“Dua bungkus,” dia menambahkan.

“Kemaruk banget sih loe. Sakit perut baru tau rasa loe!”

Sepuluh menit kemudian.

“Belok mana, Lupita?” tanya Keong saat ada perempatan.

Gue dengan enteng menjawab, “Kiri,” padahal aslinya gue belum pernah lewat jalan itu. Gue cuma mikir, rumah gue ada di sebelah utara jadi pasti beloknya ke kiri secara kami dari arah barat.

“Yakin loe?” tanya Keong.

“Iya, cerewet.”

Lima menit berikutnya.

“Yakin loe ini jalan yang bener?” tanya Keong, dia udah mulai panik.

“Iya, gue yakin. Udah deh, loe injak pedal gas terus. Nanti pasti nyampek,” ucap gue enteng. Secara saat itu gue lagi menghayati karaoke lagunya Tompi yang Lulu dan Siti.

Nggak lebih dari dua menit kemudian.
Keong berhenti di pinggir jalan yang bener-bener sepi. Nggak ada mobil laen yang bersliweran.

“Lho, kok berhenti?” tanya gue polos.

Keong udah keringetan, pucet kayak orang mati, padahal ACnya gede banget, “Kita nyasar!”
Barulah gue memantau medan dan bener apa kata Keong. Kami NYASAR. (Huahahaha….kalo inget kejadian itu gue bener-bener sakit perut saking ketawa nggak berhenti-berhenti. Kok bisa ya gue begooooooo go go go kayak gitu?)

Gue dan Keong sepertinya nyasar ke planet Mars. Sepiiiii banget jalannya. Mana waktu itu udah hampir tenggelam mata harinya. Pokoknya jalanan itu sepiiiiii banget. Di kanan kiri jalan cuma ada alang-alang. Entahlah, kok bisa Keong nyetir sampai situ (mungkin sumber semua ketololan ini adalah gue).

“Eh, eh, eh, mau kemana loe?” tanya gue panik ketika tiba-tiba Keong melepas seat belt dan buka pintu mobil.

“Tanya ke orang,” ucap dia singkat. Kayaknya sih dia kesel soalnya gara-gara ngabulin keinginan gue, kami nyasar.

“Keong,” gue langsung memelas, “Ntar kalau gue diculik robot gedek gimana?”

Dia langsung emosi, “Mana ada robot gedek di sini?! Jangan aneh-aneh deh. Udah, loe duduk diem di situ. Jangan keluar. Oke?”

“Iya deh,” gue ngerasa bersalah juga.

Selama ditinggal Keong, gue cuma tolah-toleh ke kanan kiri jalan. Begitu ada sesuatu yang aneh dari alang-alang di pinggir jalan, cepet-cepet gue buang muka dan ngegedein volume tape. Gue takut banget, gila. Gue udah ngebayangin ada pocongan muncul dari semak-semak dan nyamperin gue. Hiiiyyyyy…..

Keong pun akhirnya kembali. Rasanya seperti seabad. Kalau nggak inget dia sepupu gue, udah gue cium tuh orang. Bener-bener nightmare deh di tinggal sendirian di tempat sepi dan nyeremin kayak gitu.

“Gimana?” tanya gue takut-takut (soalnya Keong kalau ngamuk tuh nakutin banget. Gue aja pernah nggak diajak ngomong selama 6 bulan gara-gara ember ke ceweknya kalau dia selingkuh).

“Kita salah belok. Mestinya kita lurus aja. Soalnya kalau belok ke sini nanti nyampenya ke kuburan,” katanya sambil masukin gigi.

“APA?! Kuburan?!” muka gue langsung biru saking pucetnya.

Setelah kejadian itu gue janji sama diri gue sendiri. Gue nggak akan aneh-aneh kalau milih jalan. Takut nyasar kayak gini lagi. Iya kalau nyasarnya ke Mall. Kalau ke kuburan kayak gini gimana? Bisa panjang urusannya!!

kembali ke atas

Profile



Aluna Soenarto

22 female

Surabaya, East Java, Indonesia

Accounting 2005, Airlangga University


My Masterpiece



kalau pengen tau cuplikan ceritanya




Pingbox


Tagboard




Tweetz



Links



Credits

Layout by: LastSmile(: