♥ Kantung Ajaibku ♥
Kamis, Oktober 11, 2007 @ 11:36 AM

BBB: Bukan Bus Biasa

BBB: Bukan Bus Biasa

Hari sabtu kemarin gue MUDIK!!! Namun, tak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini gue harus mudik sendirian. Bokap sibuk jadi nggak bisa jemput. Si Abang masih ada kerjaan di kantor *gaya banget sih mentang-mentang sekarang jadi orang kantoran* jadi pulang nggak bisa bareng.

Jauh-jauh hari, gue udah paneng berat, secara ini adalah mudik perdana gue SENDIRIAN. Akhirnya agar tidak terjadi mara bahaya di jalan *seperti makan beling* yang bikin orang lain susah, akhirnya gue memutuskan untuk menggunakan jasa travel.

Kalau udah kayak gini sih gue tinggal leye-leye. Tinggal duduk, diam, dan kentut, gue udah diturunin dengan selamat di depan rumah. Namun, lagi-lagi karena gue itu memiliki keajaiban-keajaiban yang tidak bisa dinalar orang biasa, gue gagal naek travel.

Cerita yang bener itu travelnya nggak dateng-dateng pas hari sabtu kemaren. Gue udah duduk di depan rumah dengan barang bawaan bejibun. Persis kayak anak ilang. Namun hingga pukul delapan, gue masih belum diangkut pergi dari Surabaya: Kota penuh intrik dan konflik ini.

Gue pun berpikir kalau pak supir travelnya lupa atau paling banter nggak berani ngangkut gue karena kebiasaan gue yang demen banget makan beling. Gue langsung telpon ke agen travelnya. Coba tebak, kenapa kok gue nggak dijemput-jemput???

Ternyata jadwal travel gue itu bukan hari ini tapi hari rebo besok. Rebo. Rebo. Rebo. Itu artinya empat hari lagi gue baru busa naek travel sialan itu untuk dianterin pulang. Okeh, ini memang kebodohan Si Abang yang mesenin tiket kelewat telat.

Akhirnya, dengan segala kerinduan hati ingin menengok kampung halaman, gue nekat aja pulang menggunakan BUS. Aslinya, ini bukan kali pertama gue naek BUS. Secara pas ke Bali bareng temen-temen SMA dulu juga naek bus. Trus, pas pulang ke Ponorogo secara mendadak karena adek gue tiba-tiba sakit tipus, gue juga naek bus.

Namun gue lupa!! Sekarang lagi rame-ramenya para pemudik. Apalagi yang namanya terminal bus. Wuiiiih, rameeeeee banget. Ngeliat banyak orang gini serasa berada di sarang kecebong.

Gue udah diwanti-wanti sama tetangga gue. Katanya kudu ati-ati kalau ada di terminal atau dalem bus. Banyak pencopetan, penjambretan, dan yang paling hangat adalah GENDAM.
Ada cerita lucu yang disisipin tetangga gue: Tante Didit. Ceritanya dia punya keponakan yang baru datang dari Bangil. Pas berada di atas bus, keponakannya yang malang bernama Nana itu kena gendam. Henpon N 73 yang seksi abis itu dituker dengan BURUNG.

Hah?! Burung??? Burung???

Iye, burung. Burung yang punya sayap itu. Bener-bener konyol. Kalau hape ditukerin es sirop atau obat gosok sih masih masuk akal. Nah, ini ditukerin sama burung. Yang naasnya lagi Si Burung ini keesokan harinya langsung RIP.

Balik lagi ke terminal. Gue berdiri dengan tas ransel berwarna aqua dan tas pundak ‘Gosh’ yang sengaja gue bawa untuk tempat buku-buku akunting gue. Tuh, lihat apa kata gue. Jangan pernah ambil jurusan akunting *saran buat anak-anak kelas tiga SMA*. Nanti pasti nasibnya sama kayak gue. Liburan begini masih aja wajib bawa buku sialan itu untuk dipelajari lagi dan dipelajari lagi.

Nggak tau kenapa, begitu menginjakkan kaki di terminal, gue banyak banget ditawarin sama para kenek bus dengan tujuan Bali.

Kenek 1: Ke Bali ya, Mbak?
Gue: *mangap*

Kenek 2: Mau pulang ke Bali ya? Naek Bus ******* aja.
Gue: *melongo*

Kenek 3: Bali, Mbak. Bali.
Gue: *berhenti dan nanya dengan polos* Emang saya kelihatan mau liburan ke Bali ya, Pak?
Kenek 3: *gantian mangap*

Apa mungkin wajah gue kayak bule gitu?? Mhuahahahaha…

Lalu singkat cerita, gue nyampek ke tempat bus di parkir. Biasanya sih gue naek bus PATAS soalnya kan ada ACnya. Berhubung ini puasa dari pada gue kehausan di tengah jalan karena kepanasan kan lebih aman naek bus PATAS itu.

Namun, saat nanya ke informasi ternyata bus patas jurusan Ponorogo udah berangkat satu jam yang lalu dan baru ada sekitar satu setengah jam lagi. Gue berdilema. Semakin lama gue ada di terminal bisa muntah-muntah gue. Soalnya bau solar banget. Bikin kepala gue pusing setengah mabok.

Dengan berat hati, akhirnya gue milih naek bus ekonomi. Ekonomi di sini bukan berarti economy class kayak di pesawat gitu. Di sini lebih ekonomi lagi. Nggak ada AC. Ada sih tapi AJ *angin jendela*. Begitu membahagiakan para pengamen karena buanyaaaaak banget orang ngamennya. Bisa-bisa satu pengamen turun, naek lagi yang lain. Jadi udah berasa kayak MP3 player aja. Trus belum lagi pedangang asongan yang ngejajain barang dagangannya silih berganti. Tapi enaknya ternyata naek bus ekonomi ini murah soro. Cuman sembilan belas ribu perak dan gue udah nyampek tujuan. Yaaaa, walaupun dengan keringat menetes-netes di seluruh badan kayak ngelintasin gurun pasir gitu.

Karena bete setengah mati dengan para pengamen dan pedagang asongan, gue akhirnya punya jurus jitu buat ngusir mereka. Pura-pura tidur. Gue pasang earphone MP3 dan nutupin kepala gue pakai topi jaket. Udah, beres. Dengan begitu nggak ada lagi yang berani mengusik gue.

Naek bus ekonomi ternyata lebih horror dari pada naek bemo. Seenggaknya kalau bemo cuma sembarangan nurunin orang. Namun kalau bus ekonomi ini sembarangan dalam hal salip-menyalip dan pak supirnya melakukan hal yang membahayakan nyawa ini dengan kecepatan F1 *supersonik*.

Gue cuma berdoa semoga sampai di rumah tidak cacat dan tidak amnesia.

Lalu saat gue tengah komat-kamit menggumamkan ayat kursi, hape bunyi. Sms dari si Eben.

From: Ebeeeeenz
Aq br landing. Td ktmu pramugari seksi abz. Hw ‘bout u???


Gue cuma bisa meremas hape gue dan bernafsu ingin membunuh Eben jika saja orang sialan itu ada di dekat gue.

kembali ke atas

Profile



Aluna Soenarto

22 female

Surabaya, East Java, Indonesia

Accounting 2005, Airlangga University


My Masterpiece



kalau pengen tau cuplikan ceritanya




Pingbox


Tagboard




Tweetz



Links



Credits

Layout by: LastSmile(: